Senin, 06 Agustus 2012

Membuat Api Tanpa Korek

Membuat Api Tanpa Korek - Bagi anda yang hobi berpetualang, mungkin akan sangat terhambat jika anda tidak mempunyai korek api. Karena korek api dapat anda gunakan untuk menyalakan api secara instan. Lalu bagaimana jika anda sudah kehabisan korek api?

Jika kehabisan korek api/gas/parafin/minyak tanah/spirtus serta bahan bakar lainnya, maka kita dapat memanfaatkan benda-benda disekeliling kita untuk membuat api.

Bahan-bahan:
Ranting/daun kering, serbuk batang kering yang dapat dimanfaatkan sebagai penyala api.
Sobekan kain kering, dll

Cara membuat api tanpa korek dengan cara-cara berikut ini :
Cara membuat api dengan lensa
Cara ini hanya dapat anda gunakan jika terdapat sinar matahari yang terik. Dengan bantuan sinar matahari tersebut, pakailah lensa cembung, dimana titik api mengenai bahan penyala api. Lensa dapat berupa kaca pembesar, lensa kamera SLR, lensa teropong, atau kacamata anda (kacamata plus) , dll. 

Dan Berikut ini masih mengenai Cara membuat api tanpa korek dengan bahan yang sedikit agak unik menggunakan kentang salah satunya. 

Berikut ini bahan-bahan selengkapnya
(kentang, pasta gigi/odol, garam, tusuk gigi/lidi, kabel dan kapas). 


Sedikit penjelasan : Apa yang terjadi di sini adalah bahwa fluoride dalam pasta gigi dan garam yang membentuk suatu elektrolit yang bereaksi terhadap tembaga dan seng (lapisan pada kawat kabel). Hal yang penting adalah kita bisa mendapatkan kedua ujung kabel (kawat) yang satu anoda dan yang lainnya katoda.

Menunggu 5 menit memungkinkan bahan kimia yang ditempatkan didalam kentang bereaksi dan membangun sebuah muatan listrik, dan kentang yang kita gunakan bertindak sebagai baterai, kemudian panas dihasilkan oleh kosleting kedua ujung kabel dalam kentang sehingga memicu nyala api pada kapas.




0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia

Copyright © 2012. EXPA INDONESIA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz