Jumat, 22 Maret 2013

KEINDAHAN DANAU MATANO DI SOROWAKO LUTIM



Desa sorowako di Kabupaten Luwu Timur, tidak hanya dikenal sebagai salah satu penghasil nikel terbesar di dunia. Sorowako juga dikenal dengan keindahan panorama alamnya mulai dari pegunungan, air terjun serta danau-nya. Ada tiga danau yang terkenal di sorowako, yakni danau mahalona, matano an towuti. Dari ketiga danau tersebut, salah satunya merupakan danau terdalam ke-3 di Indonesia dan tercatat  sebagai danau terdalam ke-8 di dunia. Danau yang dimaksud adalah danau Matano, yang kedalamannya mencapai kurang lebih 600 meter.

Danau Matano adalah danau tektonik yang terbentuk sekitar empat juta tahun lalu. Danau ini terbentuk dari patahan lempengan bumi yang kemudian terisi air dan membentuk sebuah danau.
Keistimewaan danau ini adalah airnya yang jernih, anda masih bisa melihat benda yang dibuang ketengah danau dengan kedalaman 23 meter. Lantaran airnya yang begitu jernih dan bersih serta ombaknya yang tenang, danau ini sering digunakan sebagai tempat rekreasi dan olahraga. Selain airnya yang jernih, di danau ini juga bisa anda temukan goa yang berada disela-sela tebing pinggiran danau. Pada saat air sedang surut, anda bisa memasuki goa untuk menyaksikan keindahan stalagtit dan stalagnityang ada didalam goa.
Ditepian danau matano berdiri berbagai tempat rekreasi. Uniknya, tempat itu diberi sebutan pantai oleh masyarakat setempat. Pantai-pantai tersebut di beri nama, ada panta Ide, Salonsa, dan Kupu-kupu. Di pantai Ide terdapat dermaga panjang yang sering dijadikan masyarakat setempat untuk bersantai di akhir pekan. 
Setelah puas mengelilingi danau, anda bisa berkunjung ke desa matano. Waktu tempuh untuk menuju desa tersebut, kurang lebih 20 menit dengan mengguanakan speed boat. Di desa ini ada sebuah mata kolam mata air yang cukup unik. Namanya kolam mata air matano.
Keindahan alam lainnya yang bisa anda nikmati di sorowako adalah air terjun meruruno di desa Ledu-ledu. Air terjun ini memiliki 20 tingkatan. Tetapi, yang banyak di gemari wisatawan yakni di tingkatan 16 karena curahan airnya sangat deras. Di bawah air terjun, terbentang kolam pemandian yang masih alami.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia

Copyright © 2012. EXPA INDONESIA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz