Senin, 06 Agustus 2012

Desa Yang Bebas Asap Rokok

Tentu Anda akan merasa nyaman saat berada di sebuah Desa yang berudara segar, bersih dan bebas asap rokok. Tentu bagi Anda yang belum tahu, ini hanya sebatas khayalan. Tetapi bisa Anda buktikan dengan berkunjung ke Desa Bone - Bone Enrekang, Sulawesi Selatan.


www.belantaraindonesia.org

Tanggal 31 Mei bertepatan dengan Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Saat ini, mungkin sulit untuk menemukan tempat yang bebas asap rokok. Bahkan, tempat wisata pun hampir semuanya dikunjungi dan memperbolehkan wisatawannya untuk merokok. Tetapi tidak dengan Desa Bone - bone di Enrengkang, Sulawesi Selatan.

Menurut situs resmi Dinas Kesehatan Pemprov Sulawesi Selatan, Desa Bone - bone yang terletak di lereng Gunung Latimojong, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan merupakan desa bersih. Mengapa bersih? Desa ini melarang warga dan siapa saja yang datang untuk merokok, turis sekalipun.

www.belantaraindonesia.org

Desa Bone - bone memang telah lama menerapkan larangan merokok untuk warganya. Tidak hanya warga, tetapi siapa saja yang datang dilarang untuk merokok di desa ini. Memang pada awalnya, larangan ini hanyalah norma yang tidak memiliki aturan tertulis, tetapi kemudian pada tahun 2003, dibuat peraturan resmi larangan merokok.

Desa ini memang dinilai unik karena menerapkan aturan yang tidak biasa, melarang warganya merokok. Tapi hasilnya menakjubkan, tidak ada penderita batuk berdahak di desa ini. Kalau tidak percaya, langsung saja datang ke desa berudara dingin ini.

Desa Bone - bone memang masih asri dan hijau dengan pepohonan hijau yang mengitarinya. Begitu pertama kali menginjakkan kaki di desa ini, pelancong langsung dihadapkan dengan banyak papan bertuliskan "Jagalah Jantung Anda Agar Tetap Sehat", atau "Nikmati Indahnya Pemandangan dan Segarnya Udara Dusun Kami".

www.belantaraindonesia.org

Memang benar, Desa Bone - bone memiliki alam yang begitu indah karena berada di lereng gunung dengan pepohonan hijau. Rumput hijau yang tumbuh di tanah Bone - bone akan menemani setiap langkah kaki Anda sebagai karpet alam.

Di pagi hari, cobalah untuk ikut warga untuk bersawah atau kebun. Nikmati pemandangan yang tidak mungkin Anda temukan di ibukota. Melihat para petani sibuk mencangkul dan beternak sapi, tentu tanpa asap rokok. Tak heran jika Bone - bone dijuluki sebagai 'Dusun Sehat'.

1 komentar:

Rifai mengatakan...

wahh jadi pengen tinggal disitu tuhh !!
pasti bebas dari polusi nggak kaya di Jakarta

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia

Copyright © 2012. EXPA INDONESIA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz