Jumat, 22 Maret 2013

PALOPO SEBAGAI KOTA ADIPURA



Kebersihan di kota palopo sudah tidak diragukan lagi, itu bisa dibuktikan dengan terpilihnya kota palopo sebagai salah satu kota di Indonesia yang meraih piala adipura. Piala adipura sendiri merupakan penghargaan yang diberikan oleh presiden RI untuk kota/kabupaten yang tingkat kebersihannya memenuhi criteria penilaian.  Setiap tahunnya, pemerintah selalu memberikan penghargaan adipura  ini kebeberapa kota/kabupaten yang ada di Indonesia.

Palopo sendiri secara beruntung, sudah 7 (tujuh) kali berturut-turut mendapatkan penghargaan ini (adipura). Terhitung sejak tahun 2004 s/d 2010 kota palopo tidak pernah lepas dari adipura.
Keberhasilan kota palopo mempertahankan adipura, tak lepas dari peran pemerintah dan dinas-dinas terkait serta masyarakatnya yang selalu menjaga kebersihan di kota palopo. Jadi tak heran jika kota palopo dinobatkan sebagai kota adipura.
Ada 3 (tiga) tugu adipura yang dibangun pemerintah kota palopo di beberapa titik keramaian yang ada di  palopo. Diantaranya terletak di jln Diponegoro, jln Rambutan, dan Binturu. Tugu-tugu ini sengaja dibangun untuk selalu mengingatkan masyarakat kota palopo agar tidak membuang sampah disembarangan tempat.
Adapun motto yang diusung kota palopo untuk mempertahankan adipura yaitu “setiap langkah, tak ada sampah berserakan”. Motto inilah yang mendorong semangat masyarakat untuk selalu dan terus mempertahan piala adipura tetap berada di genggaman kota palopo tercinta.
Beberapa kabupaten di Luwu Raya mulai menyusul kesuksesan kota palopo diantaranya kabupaten Luwu Utara (LUTRA) dan kabupaten Luwu yang masing-masing sudah mengoleksi satu adipura. Ini membuktikan, bahwa daerah Luwu Raya sudah pantas menjadi propinsi “Luwu Raya”.  Amin,..!!
Upz… maaf! kecoplosan. Hanya ingin menyuarakan semangat pemudah Luwu Raya. Hehehe…………….

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pasang Iklan Anda Disini

Adsense Indonesia

Copyright © 2012. EXPA INDONESIA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz